EXPLORASI PEGUNUNGAN TENGAH PAPUA

Moderator-moderator: Prihatin Tri S, arulkamil

EXPLORASI PEGUNUNGAN TENGAH PAPUA

Postoleh Geocerpen » Rab Sep 12, 2012 12:20 pm

Pegunungan Tengah (Central Ranges) Papua merupakan jalur pegunungan lipatan dan sesar paling tinggi di Indonesia dengan gunung-gunungnya menjadi puncak-puncak tertinggi di Indonesia, yaitu: Puncak Jaya 5030 mdpl, Puncak Trikora 4730 m, Puncak Yamin 4595 m, dan Puncak Mandala 4700 m. Puncak Jaya (Carstensz Pyramid) adalah puncak tertinggi di Indonesia, yang bersalju abadi karena ketinggiannya di atas tropical snowline 5000 mdpl.

Jalur Pegunungan Tengah Papua di seluruh pulau ini termasuk Papua dan Papua New Guinea (PNG) dari Lengguru di Leher Burung sampai ke sebelah timur Port Moresby di Ekor Burung, panjangnya hampir 2000 km. Jalur pegunungan ini merupakan pegunungan dengan deformasi sangat kuat dibentuk akibat benturan antara tepi utara kontinen Australia yang rifted sebagai passive margin dengan busur kepulauan di sebelah selatan Samudera Pasifik. Benturan pertama terjadi pada 25 Ma, Late Oligocene. Pada 15 Ma, Middle Miocene, kemudian dimodifikasi sesar mendatar besar, Sesar Sorong di tepi utaranya. Pada Pliocene, 5 Ma sudah terangkat sebagai jalur deformasi lipatan dan sesar. Pada Plistosen, diperkirakan terjadi inversi pada sesar2ekstensi yang semula ada sebagai passive margin di tepi utara kontinen Australia (Hall, 2007).

Sebagian besar area Pegunungan Tengah ini disusun oleh batugamping Paleogen dan Neogen Kais/Upper Yawee/Darai serta ofiolit dan melange hasil benturan. Keberadaan batugamping membuat pemandangan yang spektakular di seluruh jalur pegunungan ini akibat efek karstifikasi, tetapi sekaligus menyulitkan operasi perminyakan di wilayah pegunungan tertinggi di Indonesia ini.

Operasi perminyakan? Ya, wilayah Pegunungan Tengah Papua adalah wilayah kaya akan kandungan minyak dan gasbumi. Tetapi itu hanya terjadi dan sudah dibuktikan di Pegunungan Tengah PNG. Di Pegunungan Tengah Papua, potensi itu besar, tetapi tidak bisa dibuktikan karena sebagian wilayahnya sudah terlarang bagi operasi perminyakan akibat menjadi bagian Taman National Lorentz.

Di Pegunungan Tengah Papua, telah ditemukan minyak dan gas sebesar 3100 MMBOE (IHS Energy, 2008) pada play type foldbelt dan faulted foldbelt berasal dari reservoir batupasir Early Cretaceous Toro, Woniwogi dan Late Jurassic Digimu; batuan induk utama Late Jurassic Kopai; dan regional sealing Middle-Late Cretaceous Piniya/Ieru. Pembentukan perangkap, generasi hidrokarbon dan migrasinya terjadi pada Neogen (Eisenberg, 1993; McConachie et al, 2000).Ini adalah petroleum system yang khas yang berhubungan dengan passive margin Australia dan collision Papua (Satuana et al, 2008). Contoh2 lapangan terkenal Pegunungan Tengah Papua adalah Gobe, SE Gobe, Kutubu, Hedinia, Iagifu, Hides, Juha

Bagaimana dengan peluang penemuan migas di Pegunungan Tengah Papua Indonesia? Besar, sebab secara geologi Pegunungan Tengah PNG menerus ke Indonesia. Apa yang terjadi di PNG akan terjadi di Pegunungan Tengah Papua Indonesia. Wilayah pegunungan ini telah dikerjakan sejak 1970 melalui tiga Wilayah Kerja, yaitu Mimika-Eilanden, Nauka dan Warim. Sembilan sumur telah dibor, semua sumur yang dibor di strukturnya menunjukkan oil dan gas show dan sumur Kau-1 di dekat perbatasan Papua- PNG mengalirkan gas dan kondensat berasal dari batupasir Early Cretaceous Woniwogi.

Tahun 1998 ditetapkanlah Taman Nasional Lorentz di Pegunungan Tengah Papua, bagian barat WK. Sejak itu terhentilah semua operasi perminyakan di wilayah ini. Padahal, ada pendapat bahwa beberapa BBO akumulasi hidrokarbon bisa terdapat/telah diperhitungkan di bawah Taman Nasional Lorentz.

Begitulah, tumpang tindih berbagai kepentingan adalah salah satu penyulit realisasi eksplorasi di Indonesia.

Salam,
Awang

Di sadur dari mailing list IAGI-net, semoga bermanfaat
Geocerpen
Pemula
 
Post: 22
Bergabung: Sen Apr 02, 2012 8:06 am
Lokasi: Jakarta

Re: EXPLORASI PEGUNUNGAN TENGAH PAPUA

Postoleh Demianus » Sen Jan 04, 2016 3:59 am

TEKTONIK GEOLOGI PEGUNUNGAN TENGAH PAPUA
Sejarah Tektonik Central Papua
Geologi Papua merupakan periode endapan sedimentasi dengan masa yang panjang pada tepi Utara Kraton Australia yang pasif yang berawal pada Zaman Karbon sampai Tersier Akhir. Lingkungan pengendapan berfluktuasi dari lingkungan air tawar, laut dangkal sampai laut dalam dan mengendapkan batuan klastik kuarsa, termasuk lapisan batuan merah karbonan, dan berbagai batuan karbonat yang ditutupi oleh Kelompok Batugamping New Guinea yang berumur Miosen. Ketebalan urutan sedimentasi ini mencapai ± 12.000 meter.
Pada Kala Oligosen terjadi aktivitas tektonik besar pertama di Papua, yang merupakan akibat dari tumbukan Lempeng Australia dengan busur kepulauan berumur Eosen pada Lempeng Pasifik. Hal ini menyebabkan deformasi dan metamorfosa fasies sekis hijau berbutir halus, turbidit karbonan pada sisi benua membentuk Jalur Metamorf Rouffae yang dikenal sebagai Metamorf Degeuwo” Akibat lebih lanjut tektonik ini adalah terjadinya sekresi (penciutan) Lempeng Pasifik ke atas jalur malihan dan membentuk Jalur Ofiolit Papua.
Dari pertengahan Miosen sampai Plistosen, cekungan molase berkembang baik ke Utara maupun Selatan. Erosi yang kuat dalam pembentukan pegunungan menghasilkan detritus yang diendapkan di cekungan-cekungan sehingga mencapai ketebalan 3.000 – 12.000 meter.
Pemetaan Regional yang dilakukan oleh PT Freeport, menemukan paling tidak pernah terjadi tiga fase magmatisme di daerah Pegunungan Tengah. Secara umum, umur magmatisme diperkirakan berkurang ke arah selatan dan utara dengan pola yang dikenali oleh (Davies,1990) di Papua Nugini. Fase magmatisme tertua terdiri dari terobosan gabroik sampai dioritik, diperkirakan berumur Oligosen dan terdapat dalam lingkungan Metamorfik Derewo (Degeuwo). Sumber: demianus nawipa, Tugas Akhir Geologi Mudah UNIPA Tahun 2012

Silakan Klik Here Also : http://demimaki.wordpress.com/
Demianus
 
Post: 2
Bergabung: Min Agt 09, 2015 11:23 pm
Lokasi: Nabire,Papua, Indonesia

liztthb

Postoleh CurtisMr » Rab Mar 28, 2018 8:01 pm

Wholesale Testosterone Injections
One method to receive the look you have dreamed of is to use a teeth whitening dish and gel. These processes have shown to provide you with a brighter laugh. However, these procedures take time to function. When you have time, be sure to read this whitening alternative.
Tadalafil Online China
Try and reduce your monthly bills straight down as low as possible. Look for additional items that you simply don't will need that may be cut. Do you require a DVR in every single place in your house? Do you want a residence mobile phone, plus a cellphone? Should you be paying for HBO? These are generally everything you can look at ridding yourself of to avoid wasting money each month.
Testosterone Steroid Hormone
Protecting a ton of money is what couponing is focused on. You could only save some amount of money these days, but with time that contributes up and you will find out that coupons are really making the visible difference inside your monetary life. Utilize the ideas on this page that will help you be described as a coupon brilliance.Do Well At Marketing With Video Through These Ideas
Buy Clomid Online Reddit
CurtisMr
Aktivis
 
Post: 425
Bergabung: Sel Mar 21, 2017 12:50 am
Lokasi: Singapore

umplhqs

Postoleh CurtisMr » Rab Mar 28, 2018 8:04 pm

Methandienone Wholesale
Get hold of your creditors. If you fail to repay the debt in entire or whatsoever you should make contact with them. They may be able to offer you a repayment plan or put in place long term repayments for you personally. You should not prevent them, they will typically workout a plan to help you get swept up.
Stanozolol Uk Price
It is important to understand that ringing in ears by itself is not really a disease, but that it is a warning sign. This is very important to bear in mind due to the fact you should visit a medical doctor when you notice tinnitus and you should not know what its trigger may be. If due to good reasons apart from deafening sounds, you could pay attention to a problem with the body which may have otherwise went unnoticed.
Oxandrolone Reviews
Learn how to recognize obstructive sleep apnea. Should you snore a great deal or choke and can't inhale throughout the night, this is probably a sign of apnea. Work with a tape documented if you sleep alone and tune in to the tape to determine exactly how much noise you make at night time.
Stanozolol Powder Price
CurtisMr
Aktivis
 
Post: 425
Bergabung: Sel Mar 21, 2017 12:50 am
Lokasi: Singapore


Kembali ke Tektonika dan Geologi Struktur

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 5 tamu

cron